Juni 20, 2012

Apa yang Terjadi Pada Gusi Wanita Ketika Menstruasi?

img
Jakarta, Ketika telah tiba pada siklus menstruasi, wanita akan mengalami masalah seperti kram perut, perut kembung, serta emosi yang meledak-ledak. Tetapi ternyata siklus menstruasi Anda juga dapat memperburuk kondisi gusi Anda

Penelitian menunjukkan bahwa hormon yang naik turun pada kadar tertinggi dan terendah dapat mempengaruhi kesehatan mulut Anda.

Bahkan, sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Case Western Reserve University melaporkan bahwa meskipun wanita telah menjaga kesehatan mulutnya dengan baik, masalah pada gusi akan terjadi karena pengaruh hormon.

"Jaringan pada gusi memiliki banyak reseptor estrogen yang merespon fluktuasi hormonal," kata Susan Karabin, DDS dari American Academy of Periodontology, seperti dilansir dari womenshealthmag, Rabu (20/6/2012).

Berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan rasa sakit, peradangan dan pendarahan pada gusi karena siklus menstruasi, yaitu:

1. Minggu sebelum menstruasi

"Tingkat estrogen yang tinggi beberapa hari sebelum menstruasi dapat menyebabkan pembengkakan jaringan pada gusi dan peradangan", kata Karabin.

Sehingga Anda tidak dianjurkan untuk menjalani pembersihan gigi oleh dokter gigi di minggu-minggu menjelang menstruasi. Karena gusi akan lebih sensitif sehingga pembersihan akan lebih menyakitkan.

2. Minggu menstruasi

"Perubahan hormon tidak menyebabkan penyakit gusi, tetapi dapat memperburuk beberapa masalah mendasar seperti peradangan," kata Karabin.

Gejalanya akan semakin buruk pada 2 hari sebelum menstruasi, kondisi tersebut disebut dengan menstruation gingivitis. Pada saat minggu menstruasi, sangat penting untuk menjaga mulut Anda tetap bersih dan sehat dengan rajin menggosok gigi.

3. Hari-hari setelah menstruasi

Saat inilah kadar hormon lebih rendah dari biasanya dan gusi juga menjadi lebih sensitif kembali. Hal ini juga dapat menyebabkan peradangan dan membuat prosedur pembersihan gigi menjadi kurang nyaman.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar